JARINGAN KOMPUTER

Penerapan Jaringan Komputer 





  Untuk membangun sebuah jaringan komputer, diperlukan sebuah media Transmisi baik     
 menggunakan Kabel maupun menggunakan Wireless.


  • Komponen Pembentuk Jaringan :
Image result for copper fiber optic wireless
1. End Device
2. Perantara Perangkat Jaringan
3. Media Transmisi










Secara Global
Jaringan Saat Ini

⏩Jaringan tidak memiliki batasan dan dapat mempermudah kita untuk melakukan:
  • Pembelajaran 
  • Presentasi 
  • Kerja 
  • Bermain
Secara Global
Menyediakan Sumber Daya di Jaringan :
➤Pembagian Jaringan Berdasarkan Ukuran
  • Small Home / Office Networks 
  • Medium to Large Networks 
  • World Wide Network 
Image result for client and server
➤Client dan Server
  • Client, Menampilkan informasi
  • Server, Memberikan informasi ke perangkat lain pada jaringan
Image result for peer to peer
➤Peer-to-Peer
  • Komputer dapat menjadi server dan client pada waktu yang sama.







KLASIFIKASI JARINGAN

⏩LAN dan WAN⏪

➔Local Area Network
Image result for lan
  • Membentang di wilayah geografis yang kecil 
  • Interkoneksi 
  • Diadministrasikan oleh satu organisasi 
  • Memberikan kecepatan bandwidth yang tinggi untuk perangkat internal 
➔Wide Area Networks
Image result for wan
  • Interkoneksi LAN 
  • Diadministrasikan oleh beberapa penyedia layanan (ISP) 
  • Memberikan kecepatan link yang lebih lambat dibandingkan LAN
⏩Internet, Intranet, dan Ekstranet⏪ 
Image result for intranet extranet
➔Internet
  • Koneksi seluruh dunia dalam sebuah jaringan 
  • Tidak dimiliki oleh individu atau kelompok 
➔Intranet 
  • Intranet adalah sebuah jaringan internal perusahaan yang dibangun menggunakan teknologi internet. 
  • Arsitektur dari intranet berupa aplikasi web dan menggunakan protocol TCP/IP. 
➔Extranet 
  • Extranet merupakan jaringan intranet perusahaan yang ingin mengekspose informasi yang mereka miliki ke jaringan luar.

Karakteristik Dasar Arsitektur Jaringan



Fault Tolerance
⏩Toleransi kesalahan
  • Harapan bahwa internet agar mampu tersedia untuk jutaan pengguna memerlukan arsitektur jaringan yang dirancang dan dibangun yang dapat meminimalisir kesalahan. Sebuah jaringan 'fault tolerant' adalah salah satu metode yang digunakan untuk mengurangi dampak kerusakan hardware atau software dan dapat pulih dengan cepat ketika terjadi problem/masalah. Jaringan jenis ini bergantung pada hubungan redundant, atau jalur lebih dari satu antara pengirim dan penerima. Jika salah satu jalur terputus (rusak/terganggu), maka lalu lintas pesan dapat dialihkan ke jalur yang lain secara cepat. Proses pengalihan jalur ini pun harus transparent, artinya tidak memerlukan tindakan apapun dan tidak perlu diketahui oleh user. Baik perangkat infrastruktur fisik maupun proses logic harus bekerja sama dalam mengakomodasi redudansi tersebut. Ini merupakan premis dasar dari arsitektur jaringan saat ini.
Skalabilitas Jaringan
⏩Scalability (skalabilitas)
  • Selain fault tolerant, jaringan juga harus scalable artinya mampu beradaptasi dengan cepat untuk mendukung pengguna baru dan aplikasi tanpa mengganggu atau mempengaruhi kinerja jaringan dan layanan yang lama. Ribuan pengguna baru dan penyedia layanan internet (ISP) terhubung ke internet setiap minggu. Kemampuan jaringan tersebut dibutuhkan untuk mendukung interkoneksi baru yang bergantung pada desain layer hirarkis untuk mendasari infrastruktur fisik dan arsitektur logic. Operasi di setiap layer memungkinkan pengguna atau penyedia layanan untuk menambahkan data baru tanpa menyebabkan gangguan terhadap seluruh jaringan.
QoS jaringan
⏩Quality of Services (kualitas layanan)
  • Internet saat ini memberikan tingkat toleransi kesalahan dan skalabilitas yang dapat diterima oleh penggunanya. Namun, Aplikasi baru yang tersedia untuk pengguna di internetworks membuat harapan yang lebih tinggi untuk kualitas layanan yang diberikan.Voice dan transmisi live video membutuhkan tingkat kualitas yang konsisten dan pengiriman yang tidak terganggu. Sebuah jaringan terkonvergensi, harus mampu mengatur prioritas dari service-service yang digunakannya. Sehingga di dapatkan standar kualitas yang memenuhi harapan user. Kebutuhan atas QoS (Quality of Service) mengubah arsitektur jaringan yang dirancang dan diimplementasikan. Contoh kasus dibawah ini adalah layanan untuk streaming lebih diutamakan bandwidthnya dibandingkan halaman web.
network security architecture
⏩Security (keamanan)
  • Internet telah berkembang dari sebuah internetwork yang dikontrol untuk pendidikan dan organisasi pemerintahan menjadi sarana yang dapat diakses secara luas untuk transmisi bisnis dan komunikasi pribadi. Hal ini berimbas pada tingkat keamanan jaringan yang telah berubah. Harapan keamanan dan privasi yang dihasilkan dari penggunaan internetwork untuk pertukaran informasi bisnis yang penting dan rahasia melebihi arsitektur seperti apa yang diberikan saat ini. Ekspansi yang cepat pada sektor komunikasi juga meningkatkan kebutuhan akan sistem keamanan pada arsitektur jaringan.
Ancaman Keamanan Jaringan dan Solusi

➥Ancaman keamanan
  • Virus, worm, dan trojan horse 
  • Spyware dan adware 
  • Serangan zero-day, juga disebut serangan zero-jam 
  • Serangan hacker 
  • Intersepsi data dan pencurian 
  • Pencurian identitas 
➥Solusi keamanan
  • Antivirus dan antispyware 
  • Filtering firewall 
  • Sistem firewall khusus 
  • Access control list (ACL) 
  • Intrusion prevention systems (IPS) 
  • Virtual Private Networks (VPN)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Media Transmisi Wired

Manajemen Memori